Selasa, 28 November 2017

Jalan-jalan ke Taman Kota Weleri

Taman Kota Weleri (TKW) adalah ruang terbuka hijau pertama yang ada di Kota Weleri. Taman ini terletak di Desa Penaruban, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Kalau ingin mengunjungi taman ini, arahnya dari Pasar Weleri ke barat sejauh kurang lebih 1 km, maka Anda bisa menemukannya di sebelah kanan jalan. Sedangkan bila dari Gringsing, Kabupaten Batang, Anda tinggal mengikuti jalan raya yang menuju ke Kota Weleri, bukan jalan lingkar/alternatif.
taman-kota-weleri.jpg
Di tengah-tengah Taman Kota Weleri tumbuh berbagai macam pepohonan dan tanaman bunga. Ada tanaman pakis haji, bougenville, akasia, cemara, pucuk merah, sedap malam, dan masih banyak lagi. Hamparan rumput hiasnya pun tumbuh subur di setiap sudut taman membuat pemandangannya terlihat begitu hijau dan segar. Di bagian tengah taman pun terdapat sebuah kolam yang memiliki desain cantik sekali. Tentu suasana di sini sangatlah sejuk, nyaman, dan menyenangkan karena kondisinya yang asri. Anda bakalan betah berlama-lama duduk di Taman Kota Weleri.
pemandangan-taman-kota-weleri.jpg
Dahulunya area yang kini dibangun Taman Kota Weleri merupakan Terminal Bus Lama Weleri. Terminal tersebut pada akhirnya berhenti beroperasi karena lokasinya yang jauh dari pusat keramaian yang notabene berada di lingkungan Pasar Weleri. Karena tidak digunakan, bertahun-tahun lamanya bangunan bekas Terminal Bus Lama tersebut mangkrak dan akhirnya berubah menjadi bangunan yang kumuh. Oleh karena itu, pemerintah daerah setempat pun berinisiatif untuk mengubahnya menjadi sebuah RTH (Ruang Terbuka Hijau) agar lebih bermanfaat bagi warga Kecamatan Weleri dan sekitarnya.
pohon-taman-kota-weleri.jpg
Di Taman Kota Weleri, kita bisa sekadar duduk bersantai, nongkrong, atau kongkow-kongkow dengan keluarga dan teman-teman. Banyaknya pohon yang tumbuh di taman ini membuat kondisinya tetap sejuk, adem, serta tidak panas. Anda dapat bersenda gurau dengan asyik di setiap area taman. Anda juga bisa bermain lempar-lemparan bola, kejar-kejaran, petak umpet, dan lain-lain. Selain duduk di atas rumput, di sini juga telah disediakan sebuah bangunan khusus yang terletak di tengah area taman yang berisi tempat-tempat duduk.
tempat-duduk-taman-kota-weleri.jpg
Pagi, Sore, dan Malam Hari
taman-kota-weleri-pagi-hari.jpg
Ketika Anda pergi ke Taman Kota Weleri di pagi hari, Anda akan mendapatkan suasana yang segar luar biasa. Rumput-rumput di sini masih dibasahi oleh embun sehingga mengeluarkan aroma natural yang menyegarkan. Bunga-bunga pun tampak bermekaran di setiap sudut taman. Aromanya yang harum dan wangi dijamin akan menenteramkan hati. Pada pagi hari, Anda bisa jogging mengelilingi taman atau berlari-lari kecil di lintasan yang sudah disediakan khusus untuk jalan-jalan. Di sini ada pula jalur berupa susunan batu-batu kerikil yang dapat Anda gunakan untuk melakukan terapi refleksi pada telapak kaki dengan berpijak di atasnya.
taman-kota-weleri-sore-hari.jpg
Pada sore hari, Anda akan merasakan pemandangan yang berbeda dari suasana Taman Kota Weleri di pagi hari. Keadaan Taman Kota Weleri di sore terbilang ramai. Ada banyak sekali masyarakat Weleri dan sekitarnya yang beraktivitas di sini. Mulai dari anak-anak sekolah, para remaja yang sedang melakukan hobinya, muda-mudi yang sedang kasmaran, sampai keluarga kecil bahagia yang ditemani buah hatinya. Bisa dibilang sore merupakan saat yang paling tepat untuk menghabiskan waktu di Taman Kota Weleri sambil bercengkerama dan menikmati suasananya.
odong-odong-taman-kota-weleri.jpg
Terkadang ada pula sekelompok odong-odong yang beroperasi di sebelah barat Taman Kota Weleri pada sore hari. Jenis permainan yang ditawarkan oleh kelompok odong-odong ini bermacam-macam. Di antarnya seperti mandi bola, memancing, komedi putar, dan jungkat-jungkit. Ada juga wahana penyewaan mobil mainan yang bertenaga listrik di sini lho. Jadi buat Anda yang mempunyai anak kecil bisa menyewa mobil mainan untuk membuat buah hati Anda merasa riang gembira.
taman-kota-weleri-malam-hari.jpg
Malam hari adalah waktu yang paling tepat untuk berwisata kuliner di Taman Kota Weleri. Terdapat cukup banyak makanan, minuman, dan jajanan yang dijual oleh pedagang kaki lima yang ada di sekeliling Taman Kota Weleri. Anda bisa mencoba mencicipi hidangan seafood, olahan ayam, olahan bebek, bakso, mie ayam, soto, tongseng, dan sate. Pilihan minumannya pun ada banyak mulai dari es teh, es sirup, es jeruk, es jus, es buah, es kelapa, es pisang ijo, dan sebagainya. Begitu pula dengan pilihan jajanan yang melimpah ruah seperti sosis bakar, tempura, nugget, ayam goreng, jamur krispi, martabak, kue pukis, bubur, tahu petis, dan gorengan.
suasana-taman-kota-weleri.jpg
Jadi selamat datang di Taman Kota Weleri dan selamat menikmati suasana yang penuh kehangatannya ya!

0 komentar:

Posting Komentar